Pelayanan Radiologi

Merupakan sarana penunjang medis yang memberikan layanan pemeriksaan dengan menggunakan sinar-x yang dapat membantu proses diagnosis penyakit.

Pemeriksaan yang dapat dilakukan di RS UNUD saat ini: thorax, shoulder, humerus, elbow, antebrachi, wrist joint, manus, genu, cruris, ankle joint pedis, femur dan babygram.

Unit Radiologi RS UNUD memberikan pelayanan selama 24 jam.

Adapaun, perlengkapan Radiologi saat ini yaitu :

  1. CT Scan 128 Slices (CT Revolution Evo):

CT scan (computerized tomography) merupakan alat pemeriksaan medis yang menggunakan teknologi sinar X dan komputer secara bersamaan. Pemeriksaan ini membuat tim medis dapat melihat masalah yang terjadi di dalam tubuh pasien. Dokter biasanya meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan CT scan untuk melihat: Masalah pada tulang dan sendi, otak, vessel kepala, abdomen, ekstrimitas, cardiac, lung, perfusion dan colonoscopy.

  1. RUNYES Ray 68 AC X-Ray (Floor Mount):

Dental X-Ray merupakan alat pengambilan gambar pada gigi, tulang serta jaringan lunak yang berada di sekitar mulut, untuk membantu menemukan masalah pada gigi seperti; abrasi gigi, mulut dan rahang. Dengan melakukan Dental X-Ray, rongga dan struktur gigi yang tersembunyi, pengeroposan tulang yang tidak dapat diakses oleh alat lain bisa terdeteksi.

  1. Panoramik OC 200D

Panoramik adalah pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah mulut dalam menegakkan diagnosis penyakit pada pasiennya. Pemeriksaan panoramik merupakan pemeriksaan non invasif dan merupakan prosedur ekstraoral sederhana yang menggambarkan daerah rahang atas dan rahang bawah pada satu film. Pemeriksaan ini memberikan informasi pada dokter mengenai sinus maxillary, posisi gigi, dan kelainan tulang di daerah mulut, untuk merancang terapi atau pengobatan pada pasien gigi dan mulut.

  1. X Ray Toshiba MRAD-32S

X-ray merupakan prosedur yang umum digunakan untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh pasien. Tujuan dilakukannya tindakan ini untuk membantu dokter mendiagnosis dan memantau beberapa kondisi tubuh.